Resep Puding Zebra. Cantik, Manis & Lembut!


Puding saat ini menjadi hidangan penutup terpopuler untuk sejumlah kalangan masyarakat Indonesia. Proses pembuatan tergolong mudah dan tak memakan banyak waktu. Seiring berkembangnya zaman, beberapa orang memodifikasi resep demi menghasilkan kreasi unik. Puding zebra merupakan salah satu kreasi yang menarik minat pecinta kuliner karena tampilan menarik dan rasa menggoyang lidah.

Tidak begitu sulit mengumpulkan semua bahan pada resep puding zebra. Hanya perlu menyiapkan bubuk agar-agar plain (tanpa warna), susu kental manis, telur, margarin, tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, vanili, garam dan air. Semua bahan mudah sekali diperoleh, tersedia di toko kelontong, pasar atau supermarket. Tantangan sebenarnya justru terletak pada proses pembuatan.

Walaupun proses memasak Resep Puding Zebra lumayan memakan waktu dan tenaga, semua bakal terobati dengan hasil akhir. Tak hanya tampilan corak cantik menghiasi puding, rasa manis nya juga akan memanjakan lidah kita. Pokoknya bikin ketagihan deh! Yuk langsung kita simak aja:

Bahan-bahan:
  • 300 - 350 gram gula pasir
  • 1200 ml air
  • 50 gram coklat bubuk
  • 5 butir telur
  • 2 sendok makan tepung terigu 
  • 2 bungkus agar-agar bubuk tanpa warna
  • 2 bungkus vanili
  • 2 sendok makan margarin
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat:
  1. Campurkan 5 butir telur dengan ¼ sendok teh garam, dan sebagian gula pasir kemudian kocok secara perlahan menggunakan whisk asal rata saja,pastikan jangan sampai berbusa ya bund. Lalu tambahkan 2 sendok makan tepung terigu yang sudah disangrai. Aduk rata, dan masukkan ½ kaleng susu kental manis, aduk rata kembali. apabila adonan ada yang bergerindil pastikan saring terlebih dulu, Sisihkan.
  2. Masak 2 bungkus agar-agar,dengan 2 bungkus vanili, separuh bagian gula pasir, 2 sendok makan margarin bersama dengan 1200 ml air, sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih angkat dan segera tuangkan ke dalam adonan telur selagi masih panas lalu aduk dengan cepat hingga rata.
  4. Bagi adonan menjadi 2 bagian pada wadah yang berbeda, yang satunya beri tambahan 50 gram coklat bubuk yang sudah di cairkan dengan 3 sendok makan air panas.
  5. Persiapkan cetakan puding atau agar-agar, di sarankan menggunakan cetakan agar-agar yang bongkar pasang seperti tulban tetapi bagian tengahnya yang tertutup dan apabila di rumah hanya ada cetakan pudingnya yang berlubang pada bagian tengahnya seperti tulban, bisa bunda tutup lubang tengahnya dengan gelas. Karena ketika menuangkan adonan dilakukan tepat di atas lubang yang di tutup gelas tersebut.
  6. Tuangkan adonan secara bergantian menggunakan cangkir dengan takaran 1/2 cangkir adonan putih dan coklat secara perlahan tepat di tengah-tengah cetakan atau di atas tutup gelas yang bunda gunakan tutup tadi hingga adonan habis.
  7. Apabila menggunakan cetakan yang di tutup dengan gelas, wajib dilepaskan terlebih dulu sebelum di masukan ke dalam kulkas. Dinginkan sampai membeku, keluarkan lalu potong-potong sesuai selera.

Selesai! Puding zebra sudah siap untuk disajikan. Supaya lebih nikmat, jangan lupa membuat saus vla yang menambah cita rasa.

Selamat mencoba yaa?
Mohon bantuan share nya jika dirasa resep ini bermanfaat :)

0 Response to "Resep Puding Zebra. Cantik, Manis & Lembut!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel